A
 
SELAMAT HARI BIDAN NASIONAL 24 JUNI 2023
Admin (IS)
24/06/2023 13:37 WIB
Memperingati Hari Bidan Nasional juga menghargai perjuangan atau pengabdian seluruh Bidan di seluruh Indonesia yang sudah membantu ibu melahirkan sang buah hati ke dunia, dan juga memberi semangat para Bidan dalam menjalankan tugas nya sebagai "Pahlawan" bagi ibu-ibu di Indonesia.
Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menetapkan bahwa bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia. Bidan merupakan tenaga medis profesional yang bekerja untuk memberikan dukungan, asuhan, dan nasihat selama masa kehamilan, persalinan, dan nifas.
terbentuknya Hari Bidan Nasional berawal dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Seluruh anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) saat itu tergabung dalam Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yang memiliki misi untuk meningkatkan derajat kaum wanita Indonesia.

Dalam konferensi tersebut telah dirumuskan tujuan IBI yaitu menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan, membina pengetahuan dan keterampilan anggota profesi kebidanan, membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, serta meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.

Mengutip dari kowani.or.id, pada 15 Oktober 1954, Ikatan Bidan Indonesia diakui secara sah sebagai organisasi yang berbadan hukum dan tertera dalam Lembaga Negara nomor: J.A.5/927 (Departemen Dalam Negeri), dan pada 1956 IBI diterima sebagai anggota ICM (International Confederation of Midwives). Selain sebagai organisasi profesi IBI juga terdaftar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
menghubungi server
Q
test